Lebaran Sebentar Lagi...Selamat Tinggal Ramadhan.. :(

Sunday, October 7, 2007

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya menjelang kepergian bulan suci Ramadhan tahun ini pun ada perasaan campur aduk yang serasa membebani dada ini.

Bukan rahasia lagi dan mungkin kita selalu mendengar ceramah-ceramah di Masjid bahwa kesempatan untuk bertemu bulan suci Ramadhan adalah satu hal yang menguntungkan buat diri kita. Apalagi dengan iming2 pahala dan pengampunan yang melimpah ruah di bulan suci ini.

Ujung nya adalah pada waktu bulan ini hendak berakhir, muncul lah maka perasaan campur aduk antara seneng dan sedih membelah dada...why..?

"Seneng" karena bisa bertemu dengan hari kemenangan yaitu Idul Fitri, dimana jiwa kita kembali ke fitrah (semoga saya termasuk salah satu-nya..) kembali seperti bayi baru dilahirkan, putih bersih belum ternoda. Selain itu bisa libur panjang dan ritual-ritual penting lainnya seperti pulang kampung, makanan melimpah, dapat THR, dan bertemu dengan sanak saudara yang lama gak bersua..

Namun "Sedih"-nya karena masa-masa untuk mengumpulkan amal sebanyak mungkin itu akan berakhir dan lebih sedih lagi karena tahun depan belum tentu kita bisa bertemu lagi (Ya Alloh semoga belum saatnya ya bagiku... :) , masih banyak dosa nih ). Apalagi klo ngerasa bahwa bulan Ramadhan tahun ini kualitas ibadah ku semakin merosot dibandingkan tahun-tahun lalu.

Dolo waktu dikampung masih suka tarawih berjamaah dan gak bolong-bolong, suka tadarus hingga berjam-jam, suka ber tafakur di Masjid, suka mendengarkan ceramah di Masjid dan suka bangunin orang untuk sahur. Tapi sekarang... :( menyedihkan sekali, Tarawih lebih banyak sendirian dan bolong2 pula, Tadarus jarang2, Tafakur gak sesering dolo, dan yang paling menyedihkan gak pernah lagi mendengarkan ceramah secara langsung kecuali waktu Jum'atan atau liat di Televisi.

Apa ini konsekuensi dari kemodern-an yang melanda kehidupan ku ya ( cie ile ...) atau karena faktor malas aja ya...

Yah...apapun itu, semoga Alloh masih mau mengampuni dosa-dosa ku, masih berkenan menjadikan jiwa-ku kembali ke FITRAH pas lebaran nanti, dan yang terpenting masih berkenan untuk mempertemukanku dengan Ramadhan di tahun depan. Amien..

Untuk yang baca tulisan ini aku ucapkan "Selamat Menyongsong Hari Kemenangan" dan buat yang ngerasa belum maksimal seperti aku. Masih ada kurang lebih 4 hari lagi untuk memaksimalkan amal ibadah kita.

Semoga kita semua menjadi umat Nabi Muhammad yang masih bisa kembali 'Fitrah" amien ya robbal alamin.

Foto : http://www.pandi.or.id/wp-content/uploads/ramadan1.jpg (keren gambarnya)

Posted by Admin at 4:20 AM  

0 comments:

Post a Comment